Chapter 12 Akuntansi Internasional

1. Instrument keuangan adalah kontrak yang mengakibatkan timbulnya asset keuangan bagi satu entitas dan kewajiban keuangan atau instrument ekuitas bagi lainnya.instrument instrument ini berbeda dengan pendahulunya karena sebagian besar instrument keuangan baru adalah instrument-instrument derivatif bukan instrument-instrument dasar.

2. Saya setuju bahwa instrument instrument keuangan baru telah diterima oleh para eksekutif keuangan internasional, yang mendasari jawaban saya adalah banyaknya institusi institusi keuangan yang menciptakan pasar instrument keuangan baru. Dan globalisasi pasar keuangan yang telah disertai oleh meningkatnya persaingan antara institusi keuangan untuk melayani kebutuhan peminjam dari seluruh dunia.

3. Dengan menciptakan produk-produk keuangan yang bisa menghubungkan para pemberi dana dan penghutang dari seluruh dunia,bank bank telah mampu meningkatkan pendpatan fee-nya secara signifikan,selain keuangan korporasi dari jasa -jasa advisor lainnya bank bank juga menghasilkan laba perdagangan dengan melibatkan diri dalam transaksi-transaksi investasi jangka pendek,maka dari itu hal tesebut inilah yang membuat institusi keuangan sperti bank sangat terlibat. Implikasi-implikasi dari perlakuan akuntansi yang berbeda atas sistem perbankan adalah meningkatnya otoritas-otoritas regulatori terhadap ketidakcukupan modal dari bank bank relatif terhadap ekspansi aktivitas – aktifitas mereka diluar neraca mereka yang sampai sekarang blm menjadi subyek rasio kecukupan modal (capital -ad-aquacy requirement)

4. Perbedaan instrument keuangan dasar dan instument derivatif.
– instrument keuangan dasar seperti obligasi merupakan instrument yang memenuhi definisi akuntansi konvensional mengenai aset,kewajiban,dan modal.

– Instrument derivatif merupakan persetujuan formal untuk mentransfer resiko dari satu pihak ke pihak lain tanpa harus mentransfer instrument dasarnya.
Contoh yang berhubungan dengan instrument derivatif adalah swap suku bunga (interst swap) yang mentransfer resiko suku bunga tanpa mentransfer instrument hutang (misalnya obligasi) yang mendasarinya.

5. FASB AS telah meluncurkan sebuah program untuk memecahkan banyak isu yang berkaitan dengan akuntansi bagi instrument keuangan inovatif. Secara singkat jelaskanlah 3 fase utama dari proyek tersebut.
Jawaban:
Dalam meluncurkan programnya FASB AS melibatkan 3 fase yang berbeda namun berhubungan, yaitu:
Fase 1: berfokus pada bagaimana meningkatkan pengungkapan mengenai instrumen-instrumen keuangan.
Fase 2: mengkaji standar-standar yang cocok bagi pengakuan dan pengukuran instrumen-instrumen keuangan tersebut.
Fase 3: berurusan dengan pembedaan antara kewajiban dan ekuitas.

6. Apa yang dimaksud dengan tingkat bunga swap? Dan mengapa seseorang mau terlibat dalam perjanjian semacam itu?
Jawaban:
Tingkat bunga swap merupakan inovasi keuangan terbaru yang dirancang untuk mengakomodasikan para penghutang yang mungkin merasa perlu untuk meminjam dengan syarat-syarat yang bertentangan dengan preferensi-preferensi alamiah mereka.
Dan pada dasarnya tingkat bunga swap merupakan suatu persetujuan antara dua pihak untuk menukarkan pembayaran bunga untuk suatu periode tertentu atas dasar suatu notional value yang disetujui bersama dan dicirikan, sebagai tujuan utamanya, oleh konversi pembayaran bunga tetap (fixed rate) kedalam pembayaran bunga mengambang (floating rate), atau sebaliknya.
Mereka bersedia terlibat di dalam perjanjian seperti itu dikarenakan perjanjian yang saling menguntungkan untuk kedua belah pihak. Contohnya seorang manajer yang medapat keuntungan seperti:
• Mengelola exposure suku bunga mereka secara aktif
• Menurunkan semua biaya borrowing mereka dengan memungkinkan pihak-pihak lain mengambil keuntungan dari akses-akses mereka ke dalam pasar tertentu, mengambil keuntungan dari perbedaan rating kredit mereka, atau mengeksploitasi inefisiensi-inefisiensi pasar
• Menghindari renegosiasi perjanjian-perjanjian loan atas dasar syarat-syarat yang kurang menguntungkan
• Memisahkan keputusan pendanaan dari keputusan suku bunga
• Mengakses pasar-pasar kredit dengan lebih tepat waktu dengan menghindari registrasi atau kewajiban-kewajiban pengungkapan yang membingungkan

7. Apa perbedaan antara matched swap dan unmatched swap? Bagaimana perbedaan ini mempengaruhi perlakuan akuntansi terhadap keuntungan atau kerugian yang telah terealisasi dalam suatu perjanjian swap?
Jawaban:
• Matched swap: dalam transaksi matched swap ini terdapat kewajiban atau aktiva berbunga yang memiliki ketentuan-ketentuan yang sama dengan ketentuan-ketentuan kontrak swap.
• Unmatched swap: bagi pihak-pihak yang berjanji untuk membayar atau menerima suatu aliran arus kas dimasa depan tidak memiliki kewajiban atau aktiva lain yang berhubungan dengan transaksi swap.
Perusahaan multinasional dalam melakukan perdagangannya selalu menggunakan mata uang asing. Perusahaan tersebut juga memiliki aktiva, kewajiban, pendapatan dan biaya yang nilainya sangat sensitif terhadap perubahan nilai tukar, tingkat bunga dan harga barang dan jasa. Dengan demikian jika nilai tukar berubah ke arah yang berlawanan dengan yang diharapkan, maka perusahaan dapat mengalami kerugian, jadi perusahaan menanggung resiko atas perubahan nilai tukar (currency exposure), begitu juga sebaliknya.

8. Apa yang dimaksud dengan currency swap, dan apa bedanya dengan tingkat bunga swap?
Jawaban:
• Currency swap: pertukaran dua valuta berbeda dimasa sekarang atau dimasa depan pada kurs yang telah ditentukan sebelumnya. Dan tujuan utama yang melatarbelakangi currency swap ini adalah untuk memungkinkan perusahaan-perusahaan mengakses pasar modal dengan biaya yang lebih murah dan/atau untuk meng-hedge exposure terhadap risiko nilai tukar yang timbul dari operasi bisnis internasional.
• Tingkat bunga swap: persetujuan antara dua pihak untuk menukarkan pembayaran bunga untuk suatu periode tertentu atas dasar suatu notional value yang disetujui bersama dan dicirikan, sebagai tujuan utamanya, oleh konversi pembayaran bunga tetap (fixed rate) kedalam pembayaran bunga mengambang (floating rate), atau sebaliknya.

Soal diskusi no.9-12
9. Currency Swap merupakan salah satu tekhnik hedging yang dapat digunakan oleh suatu perusahaan meminimalisir suatu resiko nilai tukar. Currency swap memiliki tujuan antara lain mengkover resiko exchange rate untuk pembelian/penjualan valuta, Transaksi swap akan menghilangkan currency exposure karena pertukaran kurs pada masa yang akan datang telah ditetapkan, dan Perhitungan kalkulasi biaya yang pasti. Keuntungan dari penggunaan currency swap adalah dapat menghindari resiko pertukaran dan tidak mengganggu pos – pos di balance sheet.

10. Financial Futures Contract dan Forward Contract memiliki suatu pengertian yang hampir sama. Perbedaan dari kedua instrument tersebut adalah financial future contract diperdagangkan di bursa yang terorganisir sementara forward contract diperdagangkan diluar bursa. Perbedaan lainnya adalah pihak yang melakukan future contract harus menyerahkan (margin) sejumlah uang tunai dan nilainya disesuaikan dengan pergerakan pasar setiap hari, sedangkan di dalam forward contract kedua belah pihak tidak perlu menyiapkan margin (uang).

11. Currency future contract adalah suatu kontrak perdagangan valas yang menentukan suatu mata uang dapat dibeli atau dijual di masa yang akan datang, kontrak ini juga dapat melindungi investor dari resiko kerugian nilai tukar di masa yang akan datang.
Foreign currency option adalah kontrak valuta asing yang memberika hak kepada pembeli, namun tidak berkewajiban untuk membeli atau menjual suatu kontrak mata uang asing tertentu (underlying) pada harga tertentu (strike price) pada atau sbelum tanggal tertentu (tanggal kadaluarsa).

12. Forward Rate Agreement Adalah sebuah perjanjian antara kedua pihak yang menetapkan tingkat suku bunga yang akan berlaku untuk pinjaman future nasional atau deposit dari sebuah perjanjian. FRA merupakan suatu instrument yang digunakan nasabah untuk melindungi dirinya dari pergerakan tingkat bunga yang kurang menguntungkan. FRA mirip dengan Forward contract.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: