Chapter 7 Akuntansi Internasional

1. Perbedaan pengukuran dan pengungkapan akuntansi.
Jawaban :
Dalam pengungkapan mampu menyatakan bahwa pengungkapan merupakan aspek kualitatif dan hanya dapat di nilai oleh para ahli di bidangnya. Sedangkan dalam Pengukuran hanya sebatas informasi murni yang belum di olah menjadi informasi yang siap di gunakan. jadi pengungkapan menjadi lebih penting, karena tanpa pengungkapan informasi menjadi tidak akan berguna.

2. Alasan pengungkapan keuangan korporasi sangat penting dalam ekonomi dunia yang kompetititf.
Jawaban :
Dikarenakan Praktik pengungkapan korporasi mengkaji dan menilai tidak hanya pengaruh-pengaruh dari dalam perusahaan melainkan dari luar perusahaan.

3. Beberapa alasan perusahaan multinasional semakin tanggap dan bertanggungjawab, tidak hanya pada investor melainkan pada pihak lain diluar investor sekalipun diantaranya:
Jawaban :
a. Tidak hanya sebagai penyedia accountability kepada para penyedia modal melainkan juga menjawab keingingn-keinginan material dari masyarakat.
b. Pencitraan pun diperlukan guna menjaga nama baik perusahaan
c. Publikasi dan pembangunan image yang baik dapat menarik minat para calon investor baru.
d. Menganut konsep kepuasan konsumen merupakan going concern bagi perusahaan

4. “perusahaan-perusahaan multinasional memandang tren ke arah meluasnya dan semakin bervariasinya pengungkapan korporasi secara berbeda-beda. Bahaslah sifat dari pandangan-pandangan ini dan sajikan evaluasi anda mengenai keabsahannya.
Jawaban :
Negara-negara kecil cenderung melihat perusahaan-perusahaan multinasional sebagai ancaman langsung terhadap kedaulatan nasional mereka. Serikat-serikat pekerja menegaskan bahwa perusahaan-perusahaan multinasional mampu “mengimpor” atau “mengekspor” pekerjaan. sifat masyarakat terutama menjadi khawatir karena mereka diberitahu bahwa bahkan standar kehidupan umum pun dalam suatu negara bisa di pengaruhi oleh pengaruh kolektif dari aktivitas-aktivitas bisnis multinasional.

5. “perusahaan-perusahaan luar negeri yang ingin menerbitkan sekuritas dalam bursa domestik seperti bursa-bursa AS harus diwajibkan untuk mengungkapkan tidak kurang dari pengungkapan domestik mereka.” Jelaskah apakah anda setuju atau tidak dengan argumen diatas dan dukunglah argumen anda dengan sebuah contoh negara.
Jawaban :
Setuju, karena semakin banyak perusahaan multinasioanal di seluruh dunia yang mendaftarkan sahamnya pada bursa-bursa asing. Yang memotivasi praktik ini adalah sejumlah keuntungan yang dianggap bisa diperoleh dari praktik tersebut. Dengan memasyarakatkan perusahaan kepada lingkungan setempat, listing di luar negeri meningkatkan citra internasional korporasi dan sekaligus memperluas basis-basis pembiayaan dimasa depan.
Contohnya : Novo Corporation (bertempat di Denmark), Stonehill dan Dullum mendemonstrasikan bahwa listing di luar negeri bisa mengurangi biaya modal perusahaan secara signifikan, yang sebagian besar diakibatkan oleh adanya disparitas-disparitas dalam basis informasi investor.

6. Laporan keuangan dikatakan memiliki “domisili pelaporan tunggal”. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pernyataan ini dan implikasi-implikasinya terhadap pelaporan keuangan transnasional.
Jawaban :
Laporan keuangan-domisili tunggal adalah laporan keuangan hanya mencerminkan suatu kumpulan keputusan-keputusan keuangan dan hasil-hasil operasi hanya untuk suatu waktu tertentu, berdasarkan sekeloampok aturan tertentu, dan untuk tujuan tertentu.
Ketika keputusan-keputusan bisnis dibuat dalam kondisi ini, keputusan-keputusan tersebut seharusnya juga dilaporkan hanya dalam konteks kondisi yang sama.

7.apakah terdapat perbedaan antara laporan yang bertujuan khusus dengan laporan keuangan sekunder seperti yang dianjurkan oleh AISG ?
Jawaban :
Laporan sekunder disiapkan secra khusus bagi pembaca-pembaca yang berkepentingan diluar negeri dengan karakteristik
1. Mematuhi standar-standar pelaporan Negara asing yang dituju
2. Laporan keuangan ditranslasikan kedalam valuta asing yang terkait
3. Laporan keuangan akan diterjemahkan kedalam bahasa Negara yang bersangkutan
4. Laporan auditor independen akan diberikan dalam bentuk yang tidak biasa
digunakan dinegara asal perusahaan
Sedangkan laporan yang bertujuan khusus menyajikan laporan keuangan seperti laporan kepada aparat pajak, laporan kepada badan pengawas pemerintah, prospektus untuk penawaran sekuritas, dan laporan untuk kombinasi bisnis.

8. Apa tujuan dari pengungkapan operasi luar negeri dan pedoman formal apa yang ada/berlaku secara internasional berkaitan dengan perkembangan pelaporan ini ?
Jawaban : tujuannya adalah untuk membuat pengguna-pengguna laporan keuangan mampu menilai dampak dari operasi-operasi dalam industri-industri yang berbeda dan dalam area-area geografis yang berbeda atas perusahaan secara menyeluruh
Pedomannya adalah :
1. Penjualan atau pendapatan operasi lainnya, dengan dibedakan antara
pendapatan yang didapatkan dari konsumen diluar perusahaan dengan pendapatan
yang didapatkan dari segmen-segmen lain
2. Hasil-hasil operasi per segmen
3. Asset-aset segmen yang dipergunakan, ditunjukkan baik dalam jumlah moneter
ataupun sebagai persentase dari total asset konsolidasi
4. Basis transfer harga antar segmen

9. Sejumlah studi empiris telah menyimpulkan bahwa pengungkapan operasi luar negeri dari perusahaan-perusahaan multinasional yang berbasis di AS dan non-AS masih jauh dari cukup. Apa yang mendasari kesimpulan semacam itu ? dapatkah anda menyarankan suatu kriteriayang mungkin bisa berguna dalam mengembangkan praktik-praktikyang ada dewasa ini ?
Jawaban :
Berdasarkan pengungkapan FAS 14 mewajibkan agar “ beban-beban operasi sebuah perusahaan yang tidak dapat ditelusuri secara langsung ke area-area geografis tertentu harus dialokasikan berdasarkan basis yang layak diantaraa segmen-segmen pelaporan tersebut” jika alokasi bebannya masih bersifat arbiter, obyektivitas dan relevansi hasil-hasil operasi yang diungkapkan akan bervariasi. Entitas pelaporan dengan demikian harus memutuskan apakah perlu (a) memperbaiki dan mengembangkan lagi informasi yang disediakan atau (b) karena ketiadaan solusi teoritis yang benar atau solusi yang efisien dari segi biaya, member sinyal kepada pembaca laporan keuangan mengenai keterbatasan data-data yang disajikan.
Solusi : Sebelum diperoleh pengalaman yang lebih banyak dalam pelaporan operasi luar negeri, alternative terakhir, barangkali ditambah catatan peringatan, sepertinya merupakan jalan yang bijaksana dan logis

10. Jawaban : Pengungkapan tanggung jawab sosial adalah pengungkapan yang mencakup ukuran-ukuran kinerja non-keuangan. Tujuan dengan melaksanakan tanggung jawab stakeholders yaitu pemegang saham, kreditor, karyawan, pemerintah, dan pihak-pihak lain yang berkepentingan, yang melebihi dari hanya kepentingan-kepentingan yang mendasar. Pengungkapan ini masih pada tahap perkembangan yang masih sangat awal karena baru belakangan ini ketertarikan akan aspek tanggung jawab sosial dari korporasi semakin meningkat.

11. Nilai tambah didefinisikan sebagai perbedaan antara nilai output perusahaan dan nilai inputnya (bahan baku dan jasa yang didapatkan dari perusahaan-perusahaan lain). Walaupun nilai tambah menyerupai laba bersih karena nilai tambah merupakan suatu flow concept, nilai tambah dimaksudkan sebagai suatu ukuran kinerja untuk kelompok stakeholder yang lebih luas dari hanya investor saja. Sementara laba bersih mencerminkan “potongan kue” yang tersedia bagi pemegang saham setelah semua stakeholder yang lain “makan”, nilai tambah mengungkapkan bagaimana sebuah kue secara utuh dipotong-potong kepada berbagai stakeholder dalam perusahaan, sehingga memungkinkan supplier, karyawan, peminjam, pemerintah, pemilik minoritas, dan pemegang saham untuk menilai modal relatif mereka dalam kekayaan periodik yang mereka bantu ciptakan.

12. dewasa ini, badan-badan pemerintahan di banyak Negara dapat memaksakan manajemen untuk (a) membuat laporan dampak lingkungan sebelum mengesahkan proyek-proyek pembangunan yang diusulkan untuk dilaksanakan, (b) menguji, mengontrol atau membatasi emisi-emisi yang disebabkan oleh aktivitas-aktivitas produksi mereka dan (C) menutup operasi-operasi atau memberlakukan sangsi kepada aktivitas-aktivitas produksi yang tidak patuh pada pedoman-pedoman lingkungan. Namun bekenaan dengan akuntansi, hanya beberapa Negara yang telah membuat peraturan yang menyangkut pengungkapan informasi lingkungan. Apakah ini mengimplikasikan bahwa akuntan tidak memiliki peranan dalam melindungi lingkungan ?
Jawaban :
Memiliki peran tetapi terdapat kendala yaitu tidak adanya definisi yang konkret mengenai langkah-langkah untuk melindungi lingkungan dan bagaimana langkah tersebut dapat dibedakan dengan praktik bisnis normal yang baik. Banyak pihak merasa sulit misalnya untuk memisahkan biaya lingkungan dari biaya-biaya lain terutama dala area pengeluaran investasi. Perbaikan lingkungan dalam banyak kasus merupakan bagian yang integral dari investasi untuk menggantikan atau memperluas kapasitas produksi. Dampak dari estimasi-estimasi biaya lingkungan atas laba juga merupakan suatu intensif untuk menghindari estimasi-estimasi semacam itu, sama halnya dengan tidak adanya pengakuan pajak penghasilan bagi accrued expenses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: