Chapter 9 Akuntansi Internasional

1. Apa saja empat langkah dalam melakukan analisis usaha dengan menggunakan laporan keuangan? Mengapa dalam masing-masing tahap analisis dalam konteks lintas batas lebih sukar dibandingkan dengan analisis dalam satu negara?

Jawab :
4 langkah dalam melakukan analisis usaha dengan menggunakan laporan keuangan yaitu :
1. Analisis Strategi Usaha Internasional,
2. Analisis Akuntansi,
3. Analisis Keuangan,
4. Analisis Prospektif Internasional.

Karena Kurangnya andalnya informasi mengenai perkembangan makro ekonomi disebabkan:
1. Karena keterbatasan data membuat upaya untuk melakukan analisis strategi
usaha dengan menggunakan metode riset tradisional menjadi sukar dilakukan.
2. Karena perbedaan antar negara dalam kualitas pengukuran, pengungkapan dan
kualitas audit.
3. Karena adanya perbedaan budaya, serta kondisi persaingan dan ekonomi lokal
mempengaruhi interpretasi ukuran akuntansi dan rasio keuangan sehingga tahap
analisis dalam konteks antar bats lebih sukar dibandingka dengan analisis
dalam 1 negara.

3. Satu interpretasi mengenai hipotesis pasar efisien yang populer adalah bahwa pasar secara penuh menyerap seluruh informasi umum begitu informasi tersebut tersedia. Dengan demikian, diduga tidaklah mungkin untuk mengalahkan pasar jika teknik analisis keuangan fundamental diterapkan untuk informasi yang tersedia secara umum, seperti akun-akun suatu perusahaan yang dipublikasikan. Mengapa hipotesis ini terlihat lebih memadai di Amerika Serikat daripada di pasar modal internasional lainnya?

Pasar di Amerika lebih memadai dari pada pasar modal internasional lainnya karena negara Amerika Serikat merupakan Negara yang mempunyai pemasok-pemasok yang cukup tinggi, Negara tersebut mempunyai saham terbesar dan sangat berpengaruh,serta dapat mengendalikan pangsa pasar seluruh dunia. Dalam pasar di Amerika, memnyampaikan informasi yang relevan. Untuk itu Amerika Serikat mampu bersaing dalam menjalankan perputaran bisnis yang dilakukan oleh beberapa Negara. Selaim itu pasar di Amerika mampu mendongkrak perekonomian internasional,sehingga arus perkembangan ekonomi dunia mengikuti arus perekonomian di Amerika Serikat kemudian Pasar modal akan memberikan informasi yang sangat luas dan dengan mengetahui bmarket capitalization (harga pasar per-equity share x jumlah sham biasa yang beredar) akan diperoleh informasi mengenai hungan antara Profitability sekarang maupun yang akan datang. Dalam analisis ini sering digunakan Price Earning Ratio (PER).

Market Capiotalization of Equity Shares

Net Income Available to Common

Semakin tinggi PER, maka semakin tinggi pula pendapatan yang akan datang relative terhadap pendapatan yang dilaporkan sekarang.

1. Sementara translasi laporan tahunan luar negeri kedalam bahasa inggris terlihat semakin banyak jumlahnya, terkadang dirasakan perlu untuk menganalisis suatu laporan luar negri dalam bahasa dan terminology pelaporan tempat domisili perusahaan pelapor. Apa saja cara yang digunakan untuk mengatasi masalah ini? Tuangkan jawaban anda kedalam satu atau dua paragraph yang baik.

Jawab : Biasanya perbedaan bahasa antar negara dapat menimbulkan hambatan informasi bagi para pengguna laporan keuangan. Kebanyakan perusahaan yang berdomisili di negara-negara yang tidak menggunakan bahasa inggris menerbitkan laporan tahunannya dalam bahasa negara asalnya. Namun demikian, semakin banyak perusahaan yang relative besar yang berada diperekonomian maju menyediakan laporan tahunan dalam bahasa inggris. Perbedaan terminology akuntansi juga dapat menimbulkan kesulitan. Sebagai contoh, para pembaca di AS mengartikan istilah stock sebagai surat berharga yang menunjukan kepemilikan perusahaan (saham). Disisi lain, para pembaca di Inggris mengartikan istilah itu sebagai persediaan barang yang belum terjual milik perusahaan.

Banyak isu-isu subtansial yang dihadapi para penggunalaporan keuangan internasional. Isu yang palin sulit adalah yang berkaitan dengan mata uang asing dan ketersediaan dan kredibilitas informasi keuangan. Kesulitan dengan mata uang asing mungkin akan menimbulkan pengaruh yang sangat besar dalam akuntansi internasional selama beberapa waktu. Sebaliknya, masalah yang berkaitan dengan ketersediaan dan kredibilitas informasi secara perlahan semakin berkurang karena semakin banyak perusahaan, otoritas berwenang dan bursa efek yang mengakui pentingnya untuk memperbaiki akses investor terhadap informasi yang tepat waktu dan kredibel.

5. Bagaimana translasi laporan keuangan dalam mata uang asing berbeda dari proses translasi mata uang asing yang dijelaskan dalam bab 6?

Data laporan keuangan selalu digunakan dalam bentuk komparatif seperti 1)Aplikasi Cross-Sectional dengan membandingkan satu entity dengan entity lainnya pada waktu yang sama; 2) Aplikasi Time-Series dengan membandingkan satu entity pada angka yang berbeda saat itu. Analisis Cross-Sectioanal digunakan pada : 1) Penilaian merger atau akusisi 2) Penilaian kinerja manajemen dan kompensasi eksekutif 3) Prediksi keuangan dan 4) Keputusan kebijakan publik mengenai kelebihan laba pajak. Translasi yang dilakukan pada Perbedaan terhadap negara-negara yang penting untuk memahami bermacam-macam metode akuntansinya mencakup adanya peran pemerintah dan penyusun peraturan sektor publik, hubungan antara metode akuntansi yang digunakan untuk pajak dan untuk pelaporan keuangan dan luasnya pasar modal

6. Jika anda diminta untuk memberikan lima rekomendasi terpenting yang dapat anda pikirkan kepada pihak-pihak lain yang sedang menganalisis laporan keuangan asing, apa saja rekomendasi tersebut?
* Memahami sistem akuntansi dan praktik bisnis
* Memahami variabel lingkungan seperti pendanaan eksternal, keterkaitan politik
dan ekonomi suatu negara
* Memperhatikan budaya dan nilai sosial yang mempengaruhi sistem akuntansi
* Harus memperhatikan ketepatan waktu, bahasa dan termonologi
* Memperhatikan perbedaan pengukuran akuntansi

7. di Negara mana saja informasi akuntansi disajikan paling tepat waktu, lengkap dan kredibel? Mengapa demikian ?

Jawab : menurut kelompok kami beberapa Negara yang dapat dianggap dapat menyajikan informasi akuntansi paling tepat waktu, lengkap dan kredibel, yaitu :
Amerika serikat, Inggris, dan Kanada, mengapa demikian? Karena di negara tersebut di pengaruhi oleh sumber-sumber keuangan, system hukum, ikatan politik dan ekonomi, tingkat pembangunan ekonomi,dan tingkat pendidikan budaya, kemudian aturan akuntansi di ke2 negara tersebut mencoba mengurangi kemampuan manajer dalam mencatat transaksi ekonomi dengan tidak mewakili kepentingan terbaik pemegang saham. Aturan pengungkapan menetapkan ketentuan-ketentuan untuk memastikan bahwa para pemegang saham menerima informasi yang tepat waktu, lengkap dan akurat, dan memberikan perlindungan kepada pemegang saham yang di tegakan secara luas dan ketat, selain itu, karena Negara-negara tersebut menyediakan pendanaan yang dibutuhkan perusahaan, dipasar tersebut, kepemilikan cendrung tersebar luas diantara banyak pemegang saham dan perlindungan terhadap investor sangat di tekankan. Dari alasan di atas, maka Negara-negara tersebut dapat dikatakan sebagai Negara yang menyajikan informasi akuntansi secara tepat wakru, lengkap dan kredibel.

8. Apa saja beberapa faktor yang harus dipertimbangkan pada saat melakukan perbandingan profitabilitas yang dilaporkan oleh perusahaan-perusahaan yang berasal dari beberapa negara berbeda?

Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan pada saat melakukan profitabilitas adalah dengan nelakukan profit margin yaitu membandingkan antara net operating dengan net sales , kemudian pada turn over of operating assets (tingkat perputaran aktiva usaha ) yaitu kecepatan berputarnya operating assets dalam suatu periode tertentu.

9. Choi dan Levich menemukan bahwa investor mengatasi perbedaan prinsip akuntansi dalam dua cara yang secara fundamental berbeda. Apa saja mekanisme untuk mengatasi ini dan dari dua cara tersebut manakah yang lebih anda sukai?

Pada penelitian Choi et.al (1983) dalam prinsip akuntansi menjelaskan perbedaan-perbedaan observasi pada rasio keuangan perusahaan pada industri yang sama dengan negara yang berbeda. Serta pada Penelitian Levych (1967), telah menemukan abnormal returns dari strategi perdagangan seperti investasi dalam saham yang mempunyai penghargaan dengan harga yang tinggi dalam 6 bulan sebelumnya.

10. perusahaan non AS yang tercatat pada bursa efek di AS tidak di wajibkan untuk mendasarkan laporan keuangan yang mereka buat pada GAAP AS. Namun demikian, perusahaan-perusahaan ini umumnya diwajibkan untuk menyediakan pengungkapan rekonsiliasi yang menunjukan perbedaan material yang ada dalam angka-angka antara laba bersih yang muncul seandainya di buat bedasarkan GAAP AS . jenis perbedaan material apakah yang paling sering di ungkapkan ?

Jawab : perbedaan material yang paling sering di ungkapkan :
1. Depresiasi dan amortisasi
2. Biaya yang ditangguhkan atau di kapitalisasi
3. Pajak yang ditangguhkan
4. Pensiun
5. Translasi mata uang asing

12.Masalah yang muncul pada perbandingan rasio keuangan Internasional meliputi: 1) Perbedaan prinsip-prinsip akuntansi yang diadopsi masing-masing negara; 2) Perbedaan aturan-aturan perpajakan yang diadopsi masing-masing beraa dan hubungan antara prinsip-prinsip akuntansi yang digunakan untuk pajak dab yang digunakan untuk pelaporan keuangan; 3) Perbedaan-perbedaan dalam pendanaan, operasi dan pengaturan bisnis lainnya pada masing-masing negara; 4) Perbedaan-perbedaan dalam kultur, institusional dan lingkungan politik masingmasing negara

KASUS 9-1A ANALISIS KUALITAS AKUNTANSI

1. Menurut pendapat kami bedasarkan informasi yang di berikan dalam buku ini mengenai kualitas akuntansi di Negara jepang, dapat disimpulkan bahwa perusahaan jepang umumnya terlihat kurang likuid, kurang solven, kurang efisien dan kurang menghasilkan laba bila dibandingkan perusahaan AS. Namun demikian, setelah rasio jepang disesuaikan tarhadap perbedaan-perbedaan antara GAAP jepang dan AS, rasionya masih sangat berbeda dari rasio yang di temukan dalam perusahaan AS yang sebanding. Pada saat pemerintah jepang yang berada dibawah tekanan dari AS mengakhiri isolasi selama 200th, pada pertengahan abad ke 19, jepang telah membuat pertumbuhan dan perkembangan ekonomi yang cepat, sebagai tujuan nasional yang utama. Untuk mencapai tujuan ini, pemerintah membuat infra struktur perbankan yang luas untuk memasok kebanyakan kebutuhan pendanaan industry. Ketergantungan perusahaan industri terhadap system perbankan meningkat setelah PD II.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: